panci idaman ?

berikut adalah percakapanku dengan seorang teman (sebut saja A) beberapa waktu yg lalu ketika kita jalan bareng di mal.

me : kita ke toko peralatan dapur yuk.. pengen liat panci, ada diskon gak yaa..?

(setelah sampai di toko)

me : ini nih panci yg gw pengen punya.. (sambil pegang2 panci yg dicari)

A   : oh ini ya… iya tuh, temen gw pernah posting foto di FB, panci idaman katanya.

me : emang panci idaman sih.. ntar kalo beli gw juga mau ah pamer di FB 😉

me and A : hahahaha…

IMG_4907

yaa.. akhirnya beli juga tuh panci, lumayan lagi diskon

hadiah anniversary dari DH 🙂

 

 

 

Advertisements

toge

uda lama sekali nggak pernah lagi bikin toge, jarang juga makan toge

beberapa hari yg lalu aku mulai lagi bikin toge setelah ngobrol2 dengan seorang teman yg rajin sekali bikin toge. toge buatan temenku ini lumayan bagus, gak kalah sama yg dijual di toko asia.

ini dia toge hasil karyaku.. lumayan kan? jauh lebih bagus dari toge yg aku buat sebelum2nya..

IMG_4877

dan menu hari ini… toge cah ikan asin 🙂

IMG_4886

cara membuat toge:

kacang ijo direndam air sampe mengembang dan kulitnya terkelupas (kira2 2 hari), jangan lupa airnya diganti terus beberapa jam sekali, terus simpan di tempat yg hangat.

setelah itu bersihkan kacang ijo dari kulitnya.. setelah dibersihkan, dimasukkan ke wadah yg bawanya berlubang2 yg diberi kain (aku pake kukusan rice cooker), terus ditutup lagi atasnya sama kain dan disimpan di tempat hangat (aku simpannya di lemari yg berada di atas kulkas, selalu hangat).

kacang ijo yg mulai tumbuh harus disiramin air kira-kira 2 kali sehari, boleh lebih kalo rajin. setelah kecambah tumbuh kira2 2-3cm (1 hari kemudian), diatas kecambah dikasih piring datar sebagai beban, ini akan membuat toge tumbuh agak gemukan. toge sudah bisa dinikmati kira2 1-2 hari kemudian. semakin hangat ruangannya, semakin cepat togenya tumbuh.

untuk hasil lebih maksimal, gunakan kacang ijo organic

selamat mencoba 🙂

happy new year

hope it’s still not too late to write a post of happy new year. today is the last day of january and is the first day of chinese new year, so the year is still considered new 🙂

looking back at 2013, it was not so good a year for me, it was the worst year ever i may say, but thanks god it also went by pretty fast. may i have the courage to write about it someday here in this blog.

last year we celebrated chinese new year in my hometown in bintan, it was delightful. i do not really celebrate chinese new year here in norway. i remember i did make some dishes that we usually have on the new year’s eve on my first chinese new year here.. yeah, only in that particular year.

since ms k is bigger now.. i want to start the tradition of celebrating chinese new year again. so last night i made butter shrimp spaghetti for our dinner. this is ms k’s favorite dish and of course noodles for longevity 🙂 it’s very easy to prepare and taste so good. all you need is some chopped garlic, shrimps, cooked spaghetti, butter for frying, salt and pepper to taste.

IMG_4585

i also made some pineapple tarts, a must have on chinese new year. i have invited some chinese friends over for lunch tomorrow and i intended to cook some indonesian food for them to try.

IMG_4587

starting from this year, i’m giving up red meat, finally.. this was something i wanted to do for a long time but kept postponing it. chicken or poultry would be my next. giving up red meat was not as hard as i thought it would be. maybe becouse i’m not a meat lover to begin with, i’m more a fish lover 🙂

“If slaughterhouses had glass walls, everyone would be vegetarian.” — Sir Paul McCartney 

wishing everyone a wonderful year ahead and may this new year brings us great health, good fortunes, much love and joys.

t.e.m.p.e

Da lama juga ternyata gak menulis di sini. Ada banyak cerita yg ingin dituangkan, namun apa daya.. sejak punya anak rasanya gak punya waktu lagi buat sendiri… Aahh! Alasan aja ha2.. kayaknya management waktunya aja yg kurang pinter nih. Selain itu juga, lagi ngikutin drama korea yg bagus2… hmmm, bener2 uda jadi ibu2 RT asli 😀

Kali ini ingin menulis tentang kisah sukses membuat tempe or tempeh. Uda lama terpendam keinginan untuk membuat tempe sebenarnya, cuma baru sekarang ini kesampaian. Soalnya di sini kan kagak ada yg jual, kadang suka kepengen sekali makan tempe goreng dan tempe mendoan. Jadilah pas kemaren pulang itu beli ragi tempe untuk dibawa ke sini. Murah sekali ternyata, setengah kilo (500 gr) itu harganya cuma 13 ribu rupiah.  Kalo beli di internet 10 gr itu harganya 5 €, gilee.. mahalnya sekalee!

Ternyata gampang sekali loo, membuat tempe itu. Yg agak repot itu cuma bagian ngulitin kacang kedeleinya.. bisa bikin mata tambah rabun. Resepnya tentu saja hasil google di internet. Ini dia tempe hasil buatanku.. langsung sukses pada pertama kali coba. Lumayan buat nambah lauk pauk di rumah 🙂

Tempeh anyone ?? 😀

keliling

Kebetulan suami waktu itu masih ada beberapa hari libur sebelum mulai pekerjaan yg baru, jadinya selama beberapa hari itu kita keliling2 arendal dan sekitarnya. Yang pertama dicari tentu saja asian shop. Ada 3 toko asia di pusat kota arendal yg letaknya saling berdekatan, tetapi dagangannya nggak selengkap toko yg ada di Molde.. yg jelas makanan kesukaanku a.l. pete, ikan kembung dan kecap manis ABC nggak ada dijual. Harga barang2nya pun jauh lebih mahal dari Molde. Secara logika seharusnya di sini tu lebih murah karena lebih dekat ke Oslo jadi biaya transportasi seharusnya lebih murah.. so harga barang2 mustinya lebih murah.. tetapi ndak tuh 😦

Kita juga sempat pergi ke Grimstad, kota tetangga yg terletak sekitar 20km dari arendal. Kotanya lumayan indah dan ternyata toko asia di sono ada jual kecap manis ABC.. yaa, lumayan laa.. 🙂 Terus sempat juga pergi ke IKEA, toko sejuta umat itu.. lumayan, cuma 30 menit nyetir. Terus sempat pergi juga ke kota Kristiansand.. sekitar 10 menit dari IKEA.. kotanya lumayan gede, tetapi cuma sekilas lewat aja, belum sempat keliling2 di pusat kotanya.

Kota tetangga terakhir yg dikunjungi adalah Tvedestrand.. lumayan bagus juga sebenarnya, tetapi berhubung baby K waktu itu rewelnya minta ampun, maka kita musti cepat2 pulang. Cuma sempat keliling di mall yg satu ini.. percaya nggak percaya, mall tsb bernama “the piggy” 😆

Yaa.. begitu deh, kehidupan di tempat baru, musti mulai lagi mengenal sekitarnya.. sometimes suka juga teringat dengan Molde. Setidaknya aku punya 2 teman yg sama2 dari Indonesia. Sempat juga kita beberapa kali masak2 dan makan bareng.. asyiik juga.

Ngomong2 soal pete.. jadi kepengen. Ini dia.. masakan favorite dan paling gampang masaknya. Yg dibutuhkan cuma segenggam pete, segenggam udang, saus tomat dan saus pedas ABC.. jadi dee 😀

Beberapa waktu lalu kepengen banget makan japanese cheesecake. Aku termasuk yg nggak bakat nge-baking. Beruntung hubby lumayan pintar nge-bake, maka dicobalah resep entah dari mana..

Dan hasilnya… cheesecake jadinya cuma tipis spt waffle, tp dia tetap bilang enak dan habis dimakan sama dia 😀

Akhirnya aku coba sendiri.. kali pertama nggak begitu enak, kali yg kedua hasilnya lumayan.. tentu gak seenak yg dijual di coffee bean, braed-talk or eaten di jkt.

My japanese cheesecake, attempt #2

Sekian lama tinggal di norway, ini pertama kali aku mencoba ikan yg namanya “lutefisk”. Sejenis ikan yg diawetkan dan sangat popular di sini dan juga di beberapa negara tetangga. Alasan aku nggak pernah mencobanya selama ini karena kata orang2 ikannya baunya sekali, dan juga hubby nggak pernah memasak ikan tsb karena dia gak begitu doyan.

Cara pengawetannya rada rumit, detailnya sih aku juga gak tau.. mau nyari di google tapi males he2.. cara masaknya sih lumayan gampang, tinggal dikukus ato di-oven aja, karena kita belinya yg uda siap utk di masak, kalo belinya yg belum siap kayaknya musti direndam dulu beberapa jam dalam air baru kemudian di masak. Biasanya dimakan bersama bacon, kentang, green peas dll.

Rasanya?

Rasanya seperti makan jelly aja, cuma ini jelly asin dan sedikit bau ikan asin ha2.. ternyata nggak bau2 amat kok ikannya. Suka? kayaknya nggak dee.. soale rasanya nggak jelas gitu dan rada aneh 🙂

Yang berikutnya… uda sekian lama juga tinggal di sini, baru pertama kalinya aku bikin jus alpokat 🙂 apa bole buat, nggak ada warung yg jualan jus di sini.. jadi apa2 musti bikin sendiri. Ternyata rasanya lumayan juga kok 😀

Yang berikutnya lagi… bakwan goreng udang 🙂 gak pernah kebayang sebelumnya bahwa aku bakalan membuat bakwan udang sendiri.. dan tentu saja masih banyak lagi gak-kebayang2 yg laennya.. kalo diterusin bisa panjang sekali list-nya..

Hmmm.. apaboleh buat, inilah nasib hidup di negeri rantau.. 😦